ridharckn: Teori Komunikasi Model Harold Lasswell Secara Singkat

Monday, July 8, 2013

Teori Komunikasi Model Harold Lasswell Secara Singkat

ridharckn.blogspot.com
Harold Lasswell sering di nobatkan sebagai salah satu bapak ilmu komunikasi dunia dari banyak literatur menyangkut perkembangan ilmu komunikasi sebagai sabagai salah satu ilmu sosial. Harold Lasswell adalah seorang tokoh ilmu politik ternama dan pakar komunikasi ternama asal Amerika Serikat, Lasswell juga merupakan profesor di Universitas Yale.
Salah satu yang membuatnya populer adalah dengan rumusannya tentang ilmu komunikasi atau di kenal juga dengan formula Lasswell dalam formula ini dia merumuskan teori bagaimana menjabarkan tentang ilmu komunikasi secara komprehensiv, teori komunikasi di maksud adalah rumusan Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect.
Menurut (formula) Lasswell ini adalah cara paling tepat untuk mendefinisikan komunikasi. Senada dengan rumusan Lasswell ini salah satu  pakar komunikasi  kenamaan Indonesia Bapak Onong Uchayana Effendy juga menjabarkan makna komunikasi sebagai proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberi tahu, mengubah sikap, pendapat atau perilaku baik secara langsung (lisan) maupun tidak langsung (melalui media). 
Kembali ke rumusan Who Says... yang telah di anggap sebagai salah satu rumusan paling baku untuk menjabarkan komunikasi, adapun penjabaran secara singkatnya seperti berikut: komunikasi pada dasarnya adalah proses menjelaskan siapa (who)? mengatakan apa (says what)? Menggunakan saluran apa (in which channel)? kepada siapa (to whom)?  dan menghasilkan apa (what effect)?
Proses komunikasi ada syarat yang tidak boleh dilupakan yaitu adanya Komunikator sebagai penyampai atau pengirim pesan kepada Komunikan sebagai penerima pesan setelah melalui media yang di gunakan sebagai penyampai pesan untuk melewati hambatan-hambatan yang mungkin terjadi untuk memperoleh feedback yang di harapkan agar komunikasi yang efektif berlangsung.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...