ridharckn: Tumbuhan Rerumputan Akar Wangi

Wednesday, July 3, 2013

Tumbuhan Rerumputan Akar Wangi

Vetiveria Zizanioides atau lebih di kenal dengan nama akar wangi di negeri kita, tumbuhan jenis rerumputan ini konon berasal dari negeri Mahatma Gandhi yang sekarang populer dengan industri film Bollywood nya. Ternyata akar wangi masih satu family dengan tanaman serai yang juga memiliki aroma yang khas. Akar wangi persis seperti jenis rerumputan lain yang berwarna hijau, untuk memanfaatkan akar wangi biasanya terlebih dahulu di keringkan dengan cara di jemur.
Vetiveria Zizanioides telah lazim di gunakan oleh masyarakat kita untuk berbagai macam keperluan rumah tangga antara lain pada umumnya sangat sering di gunakan sebagai obat pengusir serangga seperti kecoak yang berkeliaran sembarangan di dalam rumah. Karena juga di kenal dengan nama akar wangi yang tentunya wangi maka banyak juga di manfaatkan untuk mengharumkan pakaian dengan cara di letakkan di dalam lemari.
Hal yang cukup mengagumkan adalah ada seorang pengrajin dari Daerah Istimewa Jogjakarta yang telah cukup berhasil memperkenalkan kreasi baru dengan memanfaatkan tumbuhan akar wangi ini. Mas tersebut yang lupa nama beliau telah mampu mencapai pasar internasional dengan produk kreatifnya yang memanfaatkan akar wangi yang telah dikeringkan.  Kreasinya adalah dengan membuat  mainan dan kuda-kudaan ukuran besar dengan menempelkan akar wangi yang ternyata laris di pasar internasional. Pasar terbesarnya adalah dari negara China.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...