ridharckn: psikologi komunikasi

Thursday, September 3, 2009

psikologi komunikasi

I. Pengertian Komunikasi Menurut Beberapa Ahli komunikasi


Berikut merupakan rangkuman beberapa pengertian komunikasi yang dipaparkan oleh beberapa ahli dibidang komunikasi, antara lain adalah:

1. Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan akibat atau hasil apa? (who? says what? in which channel? to whom? with what effect?). (Harold Lasswell 1960)
2. Hovland, Janis, dan Kelly mendefinisikan bahwa comunication is the process by which an individual (the comunicator) transmits stimuli(usually verbal) to modify the behavior of other individuals(the audience). Mengartikan kerangka komunikasi dalam perspektif behavior adalah usaha menimbulkan respon melalui lambang verbal.
3. Colon Cherry (1964) mendefinisikan komunikasi sebagai, ”usaha untuk membuat suatu satuan sosial dari individu dengan menggunakan bahasa atau tanda. Memiliki bersama serangkaian peraturan untuk berbagai kegiatan mencapai tujuan.”

4. Pengertian komunikasi menurut Dale Yoder, dkk dalam Surakhmat (2006:17), Communication is the interchange of information, ideas, attitudes, thoughts, and/or opinions. Komunikasi adalah pertukaran informasi, ide, sikap, pikiran dan/atau pendapat.
5. Komunikasi adalah pengaruh satu wilayah persona pada wilayah persona lain sehingga perubahan dalam satu wilayah menimbulkan perubahan yang berkaitan pada wilayah lain. (K. Lewin)
6. Frank Dance mengartikan komunikasi dalam kerangka psikologi behaviorisme sebagai usaha “menimbulkan respon melalui lambang-lambang verbal.”
7. komunikasi merupakan suatu konsep yang multi makna (Anwar arifin (1988:17))
8. Pengertian komunikasi menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia oleh W.J.S. Poerwadarminta mengatakan bahwa komunikasi itu adalah perhubungan oleh pihak ketiga.
9. Pengertian komunikasi menurut Ensiklopedia adalah penyelenggaraan tata hubungan kegiatan menyampaikan warta, dari satu pihak ke pihak lain dalam suatu organisasi/instansi.
10. Komunikasi ialah sejenis proses permindahan maklumat melalui sistem simbol yang sama. Komunikasi juga salah satu disiplin akademik. Definisi komunikasi ialah "satu proses perpindahan maklumat, perasaan, idea dan fikiran seseorang individu kepada individu/sekumpulan individu yang lain".(Wikipedia)
11. Komunikasi adalah seluruh prosedur melalui mana pikiran seseorang dapat mempengaruhi pikiran orang lainnya. Weaver, 1949
12. Aristoteles (ruben, 2002:21) komunikasi adalah alat dimana warga masyarakat dapat berpartisipasi dalam demokrasi
13. Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sesuatu dari yang semula dimiliki oleh seseorang (monopoli seseorang) menjadi dimiliki oleh dua orang atau lebih. Gode, 1959
14. Komunikasi adalah suatu ilmu yang cakupannya luas dan perlintasan ilmu-ilmu lain, seperti psikologi, sosiologi, antropologi, linguistik, ilmu politik, dan sebagainya. (Dahlan, 1996)
Sedangkan menurut saya komunikasi dapat diartikan sebagai “proses penyampaian pesan secara langsung maupun tidak langsung kepada penerima pesan melalui berbagai sarana/media yang dapat mempengaruhi penilaian terhadap sesuatu hal dan menimbulkan feedback”.

II. Pengertian Psikologi

Psikologi berasal dari kata Yunani “psyche” yang artinya jiwa. Logos berarti ilmu pengetahuan. Jadi secara etimologi psikologi berarti : “ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai gejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya”
Psikologi juga dikenal sebagai “The study of soul / mind”.
Dasarnya dari Filsafat, sebagaimana ilmu pengetahuan lainnya.
Psikologi juga didefinisikan sebagai kajian saintifik tentang tingkah laku dan proses mental organisme.
Bila kita mencermati arti psikologi komunikasi dari kata-kata yang membentuknya, maka akan kita temukan dua kata yang berbeda maknanya, namun saling berkaitan, yaitu psikologi dan komunikasi.
Dari penjelasan di atas, kita dapat menemukan definisi harfiah dari psikologi komunikasi. Psikologi komunikasi adalah ilmu yang berusaha menguraikan, meramalkan, dan mengendalikan peristiwa mental dan behavioral dalam komunikasi.
Semua rangkuman diatas merupakan hasil informasi yang diperoleh dari internet melalui bantuan google.com. Terima kasih semoga bermanfaat.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...