ridharckn: Komunikasi Massa/Komass : kenapa media massa penting

Thursday, September 3, 2009

Komunikasi Massa/Komass : kenapa media massa penting

Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang akan selalu mengalami berbagai kesulitan jika mereka hanya mengandalkan diri mereka sendiri saja atau dengan kata lain manusia tidak mungkin tidak tergantung satu sama lain dalam berbagai aspek dan kepentingan. Berdasarkan informasi tersebut maka dapat dipastikan manusia selalu membutuhkan informasi atas berbagai macam hal yang terjadi disekeliling maupun dari mana saja dan memang sudah menjadi bagian dari setiap manusia yang selalu ingin tahu tentang apa saja kapan saja. Sejak awal sejarah perkembangan manusia dahulu manusia sudah mulai bertukar informasi untuk mempermudah kehidupan yang kemudian menjadi kebutuhan pokok setelah makanan. Karena tanpa ada informasi dan pertukaran informasi diantara manusia maka rasanya dunia ini akan sangat terasa aneh dan sepi.
Dari informasi singkat singkat diatas dapat diuraikan secara singkat mengapa kemudian media massa mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Karena adanya kebutuhan akan informasi yang sangat luas yang sudah tidak memungkinkan lagi penyampaian informasi hanya dilakukan melalui mulut ke mulut, maka manusia mulai memikirkan sesuatu yang lebih mudah dan dapat memberi informasi yang lebih luas sekaligus, maka hasil pemikiran tersebut adalah bermula dengan ditemukan mesin cetak oleh Johann Gutenberg di Jerman yang kemudian berkembang menjadi surat kabar dengan segala macam berita dan informasi yang tersedia didalamnya yang dapat menjangkau khalayak luas secara bersamaan dalam waktu yang relatif singkat. Surat kabar selain bertujuan untuk menyampaikan informasi dan berita ternyata juga mampu memberikan hiburan tersendiri bagi para pembacanya melalui feature-feature maupun artikel-artikel yang memang bertujuan untuk menghibur.
Setelah melalui masa-masa perkembangan surat kabar hingga kemudian menjadi kebutuhan pokok kebanyakan manusia, perkembangan media massa selanjutnya adalah dengan keluarnya majalah. Majalah adalah juga media cetak yang kebanyakan memang tampil lebih menarik dan pengulasan tentang sesuatu hal secara lebih mendalam dan spesisik ini dikarenakan durasi terbit majalah tidak seperti surat kabar yang keluar setiap hari yang terkadang hanya mampu memberi isu yang hangat namun tidak secara mendalam, namun pada majalah hal ini tidak berlaku karena majalah dapat mempersiapkan berita untuk disampaikan kepada pembaca secara lebih terperinci setelah melalui serangkaian investigasi dan penelaahan secara mendalam karena majalah ada yang bersifat terbit dwi mingguan, bulanan dan lain sebagainya. Lalu seiring berkembangnya teknologi maka sarana-sarana informasi media massa pun semakin jauh berkembang dengan segala bentuk kecanggihan, perkembangan berikutnya adalah radio yang cukup popular karena mampu memberikan informasi dan hiburan secara langsung dan bersamaan, lalu disusul oleh Televisi yang dapat dinikmati oleh begitu banyak masyarakat secara bersamaan beserta dengan gambar yang hidup dan bergerak sungguh sangat hebat perkembangan teknologi dan informasi yang membuat begitu banyak orang terpesona sampai kecanduan akan keanggunan yang ditawarkan oleh televisi. Melalui media televisi media massa kemudian juga mengenal film yang merupakan rangkaian gambar yang diputar secara super cepat sehingga menimbulkan efek gambar menjadi bergerak dan hidup seperti hal nya televisi namun film lebih bersifat kepada cerita yang disusun secara rapi mempunyai alur, pesan dan tujuan yang ingin disampaikan juga jelas. Sampai kemudian komputer datang dan menghampiri banyak manusia, komputer dengan segala keunggulannya seiring dengan perkembangan internet yang dapat dikatakan sebagai puncak arus informasi yang supercepat hampir tidak terbatas ruang dan waktu. Sampai-sampai kemudian dunia ini terasa tidak lagi sebesar dahulu kala sampai muncul istilah Gobal Village, karena sesuatu hal yang terjadi dibelahan dunia manapun maka belahan dunia yang lain dapat langsung mengetahuinya melalui media internet, termasuk tulisan ini. Menurut saya internet dapat dikatakan sebagai puncak perkembangan teknologi dan informasi pada saat ini yang berdampak langsung pada media massa. Hampir semua mampu dan bisa dikerjakan melalui internet dalam waktu yang sangat singkat dan juga jangkauan khalayak yang juga mahaluas.
Media massa tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan teknologi, Karena setiap perkebembangan teknologi media massa juga harus update agar tidak ketinggalan. Contohnya adalah surat kabar yang sekarang bisa dibaca secara online tanpa harus mengorbankan pohon untuk mengambil kertasnya sebagai bahan utama surat kabar. Warga dunia pun kini jauh lebih aktif dalam mencari alternative-alternatif yang menarik yang ditawarkan media massa, sehingga media massa menjadi semakin berkembang dan maju dan juga lebih kreatif.
Dari uraian singkat perkembangan media massa tersebut diatas jelas sekali bahwa kebutuhan akan informasi dan berita sudah menjadi hal yang sangat vital dalam kehidupan dan sudah sangat tidak mungkin untuk tidak berhubungan dengan media massa. Media massa pada saat ini adalah merupakan kebutuhan pokok bagi warga dunia sebagaimana kebutuhan-kebutuhan pokok manusia yang lainnya yang hampir tidak mungkin untuk ditinggalkan.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...